Twitter

Electrical Discharge Machining listrik

Author Unknown - -
Home » Electrical Discharge Machining listrik


                                                                                     NAMA : TEGUH SETIO PAMBUDI
                                                                                     KELAS  : B3/PRODUKSI
                                                                                     NIM     : 090303039
               
            Electrical Discharge Machining listrik, EDM adalah salah satu proses manufaktur yang paling akurat yang tersedia untuk menciptakan bentuk kompleks atau sederhana dan geometri dalam bagian-bagian dan rakitan. EDM bekerja dengan mengikis material di jalan muatan listrik yang membentuk busur antara alat elektroda dan benda kerja. EDM manufaktur cukup terjangkau dan proses manufaktur yang sangat diinginkan ketika jumlah rendah atau akurasi tinggi diperlukan. Putaran waktu bisa cepat dan tergantung pada produsen log kembali. Sistem EDM terdiri dari alat berbentuk atau elektroda kawat, dan bagian. Bagian ini terhubung ke catu daya. Kadang-kadang untuk membuat perbedaan potensial antara benda kerja dan alat, benda kerja direndam dalam dielektrik (nonconducting listrik) cairan yang beredar untuk menyiram puing-puing.
.
Wire EDM
            Pola pemotongan biasanya CNC dikontrol. Banyak EDM elektroda mesin dapat memutar sekitar dua-tiga sumbu memungkinkan untuk memotong rongga internal. Hal ini membuat EDM proses manufaktur yang sangat mampu.
            EDM datang dalam dua tipe dasar: kawat dan probe (mati donat). Kawat EDM digunakan terutama untuk memotong bentuk bentuk melalui bagian yang dipilih atau perakitan. Dengan mesin kawat EDM, jika potongan yang perlu dibuat, lubang awal pertama harus dibor dalam materi, kemudian kawat dapat makan melalui lubang untuk menyelesaikan mesin ini. Pemberat (EDMS mati tenggelam biasanya digunakan untuk geometri yang kompleks di mana mesin EDM menggunakan grafit mesin atau elektroda tembaga untuk mengikis bentuk yang diinginkan ke bagian atau perakitan. Sinker EDM dapat memotong lubang ke bagian tanpa lubang pra-dibor untuk elektroda.
                EDM Power System. Energi discharge selama EDM disediakan oleh generator pulsa listrik arus searah. Sistem tenaga EDM dapat diklasifikasikan ke dalam RC, LC, RLC, dan jenis transistorized. Para transistorized EDM daya sistem menyediakan pulsa gelombang persegi dengan pulsa pada waktu biasanya berkisar 1-2000 msec, tegangan puncak mulai dari 40 sampai 400V, dan debit puncak arus berkisar 0,5-500 A. Dengan RC, LC, atau RLC jenis sistem tenaga, energi debit berasal dari kapasitor yang terhubung secara paralel dengan celah mesin. Sebagai akibat dari impedansi rendah plasma saluran, durasi debit sangat pendek (kurang dari 5 msec), dan saat ini debit sangat tinggi, hingga 1000 A. tegangan puncak adalah dalam kisaran yang sama dari sistem tenaga transistorized.

            Sistem tenaga transistorized biasanya digunakan dalam mati-tenggelam operasi EDM karena memakai alat yang lebih rendah mereka. Sistem tenaga kapasitif digunakan untuk pengeboran lubang kecil, mesin bahan maju, dan mikro-EDM karena laju bahan removal yang lebih tinggi dan stabilitas proses yang lebih baik. Generator listrik WEDM biasanya adalah transistor yang dikendalikan daya sistem kapasitif yang mengurangi risiko pecah kawat. Dalam sistem tenaga, frekuensi debit dapat dikendalikan dengan menyesuaikan waktu-waktu dan off dari transistor yang mengontrol pengisian pulsa untuk kapasitor terhubung secara paralel dengan kesenjangan mesin.
            Kunci EDM Komponen Sistem: Kesenjangan antara mesin alat dan benda kerja selama EDM harus terendam dalam cairan dielektrik elektrik nonconductive. Dalam mati-tenggelam EDM, minyak tanah sering digunakan sebagai cairan dielektrik karena memberikan keausan pahat yang lebih rendah, akurasi yang lebih tinggi, dan kualitas permukaan yang lebih baik. Air deionisasi selalu digunakan sebagai cairan dielektrik di WEDM untuk memberikan ukuran kesenjangan yang lebih besar dan suhu kawat yang lebih rendah untuk mengurangi resiko pecah kawat. Cairan ini juga berfungsi untuk menyiram puing-puing dari kesenjangan dan dengan demikian membantu mempertahankan kualitas permukaan.
            Tembaga dan grafit biasanya digunakan sebagai mati-tenggelam alat bahan EDM karena konduktivitas listrik tinggi dan suhu leleh tinggi dan kemudahan yang dibuat ke dalam bentuk yang rumit. Elektroda kawat untuk WEDM biasanya terbuat dari tembaga, kuningan, atau molibdenum dalam diameter berkisar antara 0,01 0,5 mm. Kawat tembaga berlapis dilapisi dengan seng kuningan dengan diameter 0,25 mm sering digunakan.

                Dalam proses mati-tenggelam tradisional EDM, alat ini dibuat menjadi bentuk yang dibutuhkan dan terpasang pada domba jantan yang bergerak secara vertikal. Pembuangan percikan hanya dapat terjadi di bawah ukuran celah tertentu yang menentukan kekuatan medan listrik untuk memecah dielektrik. Mekanisme kontrol servo dilengkapi untuk memonitor tegangan celah dan untuk mendorong ram mesin bergerak ke atas atau bawah untuk mendapatkan ukuran kesenjangan dischargeable dan memelihara terus menerus memicu. Karena tegangan kesenjangan rata-rata kira-kira sebanding dengan ukuran kesenjangan, sistem servo mengontrol posisi ram untuk menjaga tegangan kesenjangan rata sedekat mungkin ke tegangan preset, dikenal sebagai tegangan referensi servo.
            Dalam mesin WED, elektroda kawat secara vertikal oleh dua kawat pemandu yang terletak terpisah di atas dan bawah benda kerja dengan kawat perjalanan longitudinal selama mesin. Benda kerja biasanya dipasang di meja xy. Lintasan dari gerakan relatif antara kawat dan benda kerja dalam ruang koordinat xy dikendalikan oleh sistem servo CNC menurut sebuah bagian pemotongan terprogram. Sistem servo CNC juga menyesuaikan ukuran mesin kesenjangan secara real time, mirip dengan operasi mati tenggelam EDM. Cairan dielektrik disemprotkan dari atas dan bawah benda kerja kesenjangan intothe mesin dengan dua nozel.

Ram EDM
            Pembangkit listrik di mesin WED biasanya transistor yang dikendalikan RLC RC atau sistem yang memberikan tingkat mesin lebih tinggi dan lebih besar ukuran celah untuk mengurangi risiko kawat pecah. Dalam beberapa mesin WED, kesenjangan mesin terendam ke dalam cairan dielektrik untuk menghindari getaran kawat untuk mendapatkan akurasi yang lebih baik. Panduan kawat atas juga dikendalikan oleh sistem CNC di mesin WED banyak. Selama mesin, panduan kawat atas dan tabel xy secara bersamaan bergerak sepanjang lintasan mereka sendiri diprogram untuk menghasilkan lancip dan / atau permukaan twist pada benda kerja.

Mekanikal Desain Pertimbangan:
v  Bersantai permukaan selesai untuk bagian tersebut, jika mungkin. Hal ini memungkinkan produsen untuk menghasilkan bagian dengan pass yang lebih sedikit, pada tingkat lebih tinggi saat ini dan tingkat logam-removal yang lebih tinggi.
v  Desain atau mempersiapkan bagian sehingga jumlah saham dihapus oleh EDM relatif kecil. Gunakan teknik mesin tradisional untuk menghapus sebagian besar saham dengan operasi finishing dilakukan oleh EDM. Hal ini secara signifikan mengurangi jumlah waktu dan biaya untuk setiap bagian.
v  Para produsen EDM harus mempertimbangkan perlengkapan sehingga beberapa bagian dapat ditumpuk dan mesin secara bersamaan atau satu bagian dapat memiliki beberapa EDM operasi yang dilakukan secara bersamaan.
v  Ketika lubang yang ada harus diperbesar atau dibentuk kembali oleh EDM, melalui lubang yang lebih suka lubang buta karena mereka lebih mudah memungkinkan aliran cairan dielektrik masa lalu daerah yang sedang mesin.
            Akurasi dimensi (+ / - 0,0005 inci per inci) Fitur Profil keakuratan 0,0003 dapat diperoleh dengan memotong jalur Fitur untuk menampilkan posisi sebenarnya dari 002 adalah wajar dan turun ke .001 yang mungkin ketika geometri membutuhkan penghapusan dan reattachment kawat. Permukaan Selesai (mikro inci Fitur yang diciptakan oleh EDM memiliki "gemuruh oranye" penampilan. 16 Ra dicapai, 64 atau lebih tinggi Ra adalah khas dan Tebal expensive.Wall kurang Min Tembok Tebal (inci): 0,01 (selama rentang 5 "inci) Seperti biasa, konsultasikan dengan vendor EDM untuk kemampuan tertentu.










Kontrol pengendali dan parameter
http://2.bp.blogspot.com/_CXyywDK1Ymk/Sl0crrbs12I/AAAAAAAAA3o/gVCXVAJM63Q/s400/71.jpg








                Salah satu produk yang sering dikerjakan oleb mesin EDM adalab dies dan mould yang memiliki kekerasan yang tinggi , Peranan dies dan mould pada proses manufaktur seperti deep drawing, forging, pengecoran dan lain-lain sangatlah berpengaruh terutama pada kualitas ketepatan dimensi, kepresisian dan kekasaran permukaan dies.

eksperimen

            Suatu eksperimen yang bertujuan untuk mempelajari kekasaran permukaan produk dilakukan untuk mengetabui karakteristik mesin EDM sinking, EDM sinking jenis Cbarme Pulse CD-50M dan benda kerja plat baja SKD 11 dengan kekerasan 55 s/d 61 HRC yang sering digunakan sebagai bahan dies,   Electrode yang digunakan tembaga dan fluida dielectric adalah esso lector 40 dengan density 6,8 gr/cm3 pada temperature burning 1320C.
            Parameter pengujian yang konstan adalah arus listrik 8 ampere, voltase 40 volt, kedalaman pemotongan 0.5 mm, metode jet/side flushing dan untuk parameter pengujian yang tidak konstan adalah pulse on time, pulse off time dan waktu eksekusi tiap titik







Basic system EDM
http://2.bp.blogspot.com/_CXyywDK1Ymk/Sl0cjI2mAZI/AAAAAAAAA3g/4AeAkJ1d6YQ/s400/61.jpg
http://2.bp.blogspot.com/_CXyywDK1Ymk/Sl0cOzxjhyI/AAAAAAAAA3Y/v-d0CBBTBo0/s400/51.jpg